TINGKAT
PENCAPAIAN PERKEMBANGAN
KELOMPOK USIA 5 – 6 TAHUN
PAUD CEMPAKA PUTIH – PULAU ALALAK RT.5
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
|
|
Usia 5 –6
tahun
|
|
|
I. Nilai Agama dan Moral
|
1.
Mengenal agama yang dianut
2. Mengerjakan ibadah
3. Berperilaku jujur, penolong,
sopan, hormat, sportif, dsb
4.
Menjaga kebersihan diri
dan lingkungan
5. Mengetahui hari
besar agama
6.
Menghormati (toleransi) agama orang lain
|
|
II.
Fisik-motorik
A. Motorik Kasar
|
1.
Melakukan gerakan tubuh
secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan, dan kelincahan
2.
Melakukan
koordinasi gerakan mata-kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam
3.
Melakukan permainan fisik
dengan aturan
4.
Terampil
menggunakan tangan kanan dan kiri
5.
Melakukan kegiatan
kebersihan diri
|
|
B. Motorik Halus
|
1.
Menggambar sesuai
gagasannya
2.
Meniru bentuk
3.
Melakukan eksplorasi
dengan berbagai media dan kegiatan
4.
Menggunakan alat
tulis dan alat makan dengan benar
5.
Menggunting sesuai dengan
pola
6.
Menempel gambar dengan
tepat
7.
Mengekspresikan diri
melalui gerakan menggambar secara rinci
|
|
C.
Kesehatan dan Perilaku Keselamatan
|
1.
Berat badan sesuai tingkat usia
2.
Tinggi badan sesuai
standar usia
3.
Berat badan sesuai dengan
standar tinggi badan
4.
Lingkar kepala sesuai tingkat usia
5.
Menutup hidung dan mulut
(misal, ketika batuk dan bersin)
6.
Membersihkan, dan
membereskan tempat bermain
7.
Mengetahui situasi yang
membahayakan diri
8.
Memahami tata cara
menyebrang
9.
Mengenal kebiasaan buruk bagi kesehatan (rokok,
minuman keras)
|
|
IV. Kognitif
A. Belajar dan Pemecahan Masalah
|
1.
Menunjukkan
aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti: apa yang terjadi ketika air
ditumpahkan)
2.
Memecahkan masalah
sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan diterima
sosial
3.
Menerapkan pengetahuan
atau pengalaman dalam konteks yang baru
4.
Menunjukkan sikap kreatif
dalam menyelesaikan masalah (ide,
gagasan di luar kebiasaan)
|
|
B. Berfikir
Logis
|
1.
Mengenal
perbedaan berdasarkan ukuran: “lebih dari”; “kurang dari”; dan “paling/ter”
2.
Menunjukkan
inisiatif dalam memilih tema permainan
(seperti: ”ayo
kita bermain pura-pura seperti
burung”)
3.
Menyusun
perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
4.
Mengenal sebab-akibat tentang lingkungannya (angin bertiupmenyebabkan daun bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah)
5.
Mengklasifikasikan
benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)
6.
Mengklasifikasikan
benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang
sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi
7.
Mengenal pola
ABCD-ABCD
8.
Mengurutkan benda
berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
|
|
C. Berfikir
Simbolik
|
1.
Menyebutkan lambang bilangan 1-10
2.
Menggunakan lambang
bilangan untuk menghitung
3.
Mencocokkan bilangan
dengan lambang bilangan
4.
Mengenal
berbagai macam lambang huruf vokal dan
konsonan
5.
Merepresentasikan berbagai
macam benda dalam bentuk gambar atau
tulisan (ada benda pensil yang diikuti tulisan dan gambar pensil)
|
|
II. Bahasa
A.
Memahami bahasa
|
1.
Mengerti beberapa perintah
secara bersamaan
2.
Mengulang kalimat yang
lebih kompleks
3.
Memahami aturan dalam
suatu permainan
4.
Senang dan menghargai
bacaan
|
|
B. Mengungkapkan
Bahasa
|
1.
Menjawab pertanyaan yang
lebih kompleks
2.
Menyebutkan kelompok
gambar yang memiliki bunyi yang sama
3.
Berkomunikasi secara
lisan, memiliki perbendaharaan kata,
serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
4.
Menyusun
kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat-predikat-keterangan)
5.
Memiliki lebih banyak
kata-kata untuk mengekpresikan ide pada orang lain
6.
Melanjutkan sebagian
cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
7.
Menunjukkkan pemahaman
konsep-konsep dalam buku cerita
|
|
C. Keaksaraan
|
1.
Menyebutkan simbol-simbol
huruf yang dikenal
2.
Mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di
sekitarnya
3.
Menyebutkan kelompok
gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama.
4.
Memahami hubungan antara
bunyi dan bentuk huruf
5.
Membaca nama sendiri
6.
Menuliskan nama sendiri
7.
Memahami arti kata dalam
cerita
|
|
V. Sosial-emosional
A. Kesadaran
Diri
|
1. Memperlihatkan
kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi
2. Memperlihatkan
kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal (menumbuhkan kepercayaan pada
orang dewasa yang tepat)
3. Mengenal
perasaan sendiri dan mengelolanya secara wajar (mengendalikan diri secara
wajar)
|
|
B. Rasa
tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain
|
1. Tahu
akan hak nya
2. Mentaati
aturan kelas (kegiatan, aturan)
3. Mengatur
diri sendiri
4. Bertanggung
jawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri
|
|
C. Perilaku
Prososial
|
1.
Bermain dengan teman sebaya
2.
Mengetahui perasaan temannya dan
merespon secara wajar
3.
Berbagi dengan orang lain
4.
Menghargai hak/pendapat/karya orang lain
5.
Menggunakan cara yang diterima secara
sosial dalam menyelesaikan masalah (menggunakan fikiran untuk menyelesaikan
masalah)
6.
Bersikap kooperatif dengan teman
7.
Menunjukkan sikap toleran
8.
Mengekspresikan emosi yang sesuai
dengan kondisi yang ada (senang-sedih-antusias dsb)
9.
Mengenal tata
krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
|
|
VI.
Seni
A. Anak mampu menikmati berbagai alunan lagu atau suara
|
1.
Anak bersenandung atau
bernyanyi sambil mengerjakan sesuatu
2.
Memainkan alat
musik/instrumen/benda bersama teman
|
|
B. Tertarik dengan kegiatan seni
|
1.
Menyanyikan lagu dengan
sikap yang benar
2.
Menggunakan berbagai macam
alat musik tradisional maupun alat musik lain untuk menirukan suatu irama
atau lagu tertentu
3.
Bermain drama sederhana
4.
Menggambar berbagai macam
bentuk yang beragam
5.
Melukis dengan berbagai
cara dan objek
6.
Membuat karya seperti
bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan (kertas, plastisin, balok, dll)
|
No comments:
Post a Comment