TINGKAT PENCAPAIAN
PERKEMBANGAN
KELOMPOK USIA 4 – 5 TAHUN
PAUD CEMPAKA PUTIH – PULAU ALALAK RT.5
|
Lingkup Perkembangan
|
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
|
|
Usia 4 - 5 tahun
|
|
|
I. Nilai Agama dan Moral
|
1.
Mengetahui agama yang
dianutnya
2.
Meniru gerakan beribadah
dengan urutan yang benar
3.
Mengucapkan doa sebelum
dan/atau sesudah melakukan sesuatu
4.
Mengenal
perilaku baik/sopan dan buruk
5.
Membiasakan diri berperilaku baik
6.
Mengucapkan
salam dan membalas salam
|
|
II. Fisik-motorik
A.
Motorik Kasar
|
1. Menirukan gerakan binatang, pohon tertiup
angin, pesawat terbang, dsb
2.
Melakukan gerakan
menggantung (bergelayut)
3.
Melakukan gerakan
melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
4.
Melempar sesuatu secara
terarah
5.
Menangkap sesuatu secara
tepat
6.
Melakukan gerakan
antisipasi
7.
Menendang sesuatu secara
terarah
8.
Memanfaatkan alat
permainan di luar kelas
|
|
B. Motorik Halus
|
1.
Membuat garis vertikal,
horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran
2.
Menjiplak bentuk
3.
Mengkoordinasikan
mata dan tangan
untuk melakukan
gerakan yang rumit
4.
Melakukan gerakan
manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media
5.
Mengekspresikan diri
dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
6.
Mengontrol gerakan tangan
yang meggunakan otot halus (menjumput,
mengelus, mencolek, mengepal, memelintir, memilin, memeras)
|
|
C. Kesehatan dan Perilaku
Keselamatan
|
1.
Berat badan sesuai tingkat usia
2.
Tinggi badan sesuai tingkat usia
3. Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
4.
Lingkar kepala sesuai tingkat usia
5.
Menggunakan toilet (penggunaan air, membersihkan diri) dengan
bantuan minimal
6.
Memahami berbagai alarm
bahaya (kebakaran, banjir, gempa)
7.
Mengenal rambu lalu lintas
yang ada di jalan
|
|
IV. Kognitif
A. Belajar dan Pemecahan Masalah
|
1.
Mengenal benda berdasarkan
fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
2.
Menggunakan
benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
3.
Mengenal konsep sederhana
dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram, dsb)
4.
Mengetahui konsep banyak dan sedikit
5.
Mengkreasikan sesuatu
sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan masalah
6.
Mengamati benda dan
gejala dengan rasa ingin tahu
7.
Mengenal pola kegiatan dan
menyadari pentingnya waktu
8.
Memahami posisi/kedudukan
dalam keluarga, ruang, lingkungan sosial (misal: sebagai peserta
didik/anak/teman)
|
|
B. Berfikir
Logis
|
1. Mengklasifikasikan
benda berdasarkan fungsi, bentuk atau warna atau ukuran
2.
Mengenal
gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
3. Mengklasifikasikan
benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok
yang berpasangan dengan 2 variasi
4.
Mengenal pola
(misal, AB-AB dan ABC-ABC)
dan mengulanginya
5.
Mengurutkan benda berdasarkan 5
seriasi ukuran atau warna
|
|
C. Berfikir
Simbolik
|
1.
Membilang banyak benda
satu sampai sepuluh
2.
Mengenal konsep bilangan
3.
Mengenal lambang bilangan
4.
Mengenal lambang huruf
|
|
II. Bahasa
A. Memahami
bahasa
|
1.
Menyimak perkataan orang
lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
2.
Mengerti dua perintah yang
diberikan bersamaan
3.
Memahami cerita yang
dibacakan
4.
Mengenal perbendaharaan
kata mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
5.
Mendengar dan membedakan
bunyi-bunyian dalam Bahasa Indonesia
(contoh, bunyi dan ucapan harus sama)
|
|
B. Mengungkapkan
Bahasa
|
1. Mengulang kalimat sederhana
2. Bertanya dengan kalimat yang benar
3.
Menjawab pertanyaan sesuai
pertanyaan
4.
Mengungkapkan perasaan
dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani, baik,
jelek, dsb)
5. Menyebutkan kata-kata yang dikenal
6. Mengutarakan pendapat kepada orang lain
7. Menyatakan alasan terhadap sesuatu yang
diinginkan atau ketidaksetujuan
8. Menceritakan kembali cerita/dongeng yang
pernah didengar
9. Memperkaya perbendaharaan kata
10. Berpartisipasi dalam percakapan
|
|
C. Keaksaraan
|
1.
Mengenal simbol-simbol
2.
Mengenal suara–suara
hewan/benda yang ada di sekitarnya
3.
Membuat coretan yang
bermakna
4.
Meniru (menuliskan dan
mengucapkan) huruf A-Z
|
|
V.
Sosial-emosional
A. Kesadaran
Diri
|
1.
Menunjukkan sikap
mandiri dalam memilih kegiatan
2. Mengendalikan perasaan
3. Menunjukkan
rasa percaya diri
4. Memahami
peraturan dan disiplin
5. Memiliki
sikap gigih (tidak mudah menyerah)
6.
Bangga terhadap hasil karya sendiri
|
|
B. Rasa
tanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain
|
1.
Menjaga diri sendiri dari
lingkungannya
2.
Menghargai keunggulan orang lain
3.
Mau berbagi, menolong, dan membantu teman
|
|
C. Perilaku
Prososial
|
1.
Menunjukan
antusiasme dalam melakukan
permainan kompetitif secara positif
2. Menaati aturan yang berlaku dalam
suatu permainan
3. Menghargai
orang lain
4.
Menunjukkan rasa empati
|
|
VI.
Seni
A. Anak mampu menikmati berbagai alunan lagu atau suara
|
1.
Senang mendengarkan
berbagai macam musik atau lagu kesukaannya
2.
Memainkan alat
musik/instrumen/benda yang dapat membentuk irama yang teratur
|
|
B.
Tertarik dengan kegiatan
seni
|
1.
Memilih jenis lagu yang disukai
2.
Bernyanyi sendiri
3.
Menggunakan imajinasi
untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran
4.
Membedakan peran fantasi
dan kenyataan
5.
Menggunakan dialog,
perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
6.
Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi
7.
Menggambar objek di
sekitarnya
8.
Membentuk berdasarkan
objek yang dilihatnya (mis. dengan plastisin, tanah liat)
9.
Mendeskripsikan sesuatu
(seperti binatang) dengan ekspresif
yang berirama (contoh, anak menceritakan gajah dengan gerak dan mimik
tertentu)
10. Mengkombinasikan berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai
|
No comments:
Post a Comment