MATERI KURIKULUM 2013
PAUD CEMPAKA PUTIH - P.ALALAK RT.5 BATOLA
KELOMPOK B
Secara terstruktur kompetensi inti dimaksud mencakup:
1.
Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk
kompetensi inti sikap spiritual.
2.
Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk
kompetensi inti sikap sosial.
3.
Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi
inti pengetahuan.
4. Kompetensi
Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan
(KI-3{pengetahuannya} DAN KI-4
{ketrampilannya}, SELALU BERHUBUNGAN)
KOMPETENSI
INTI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
|
INDIKATOR
|
KI-1. Menerima
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.
Mempercayai adanya Tuhan melalui
ciptaan-Nya
|
1.1.1. Alam semesta ciptaan
Tuhan
1.1.2. Benda-benda ciptaan
Tuhan: batu, gunung, pasir, dst
1.1.3.
Makhluk hidup ciptaan
Tuhan: binatang, manusia, tumbuhan
1.1.4.
Mensyukuri ciptaan Tuhan
1.1.5.
Menjaga dan melestarikan ciptaan Tuhan.
1.1.6.
Memanfaatkan ciptaan Tuhan
1.1.7.
Tidak menyakiti ciptaan Tuhan
|
|
1.2.
Menghargai diri sendiri, orang lain,
dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan
|
1.2.1.
Bersyukur
1.2.3.
Menyayangi
diri sendiri
1.2.4.
Menyayangi
sesama teman
1.2.5.
Menghormati orang yang lebih tua
1.2.6.
Menghormati orang yang lebih muda
1.2.7
Kelestarian lingkungan
1.2.8
Menghargai hasil karya diri sendiri/orang lain
|
||
KI-2. Memiliki
perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri,
disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerjasama, mampu menyesuaikan diri, jujur,
dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh,
dan teman
|
2.1.
Memiliki
perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
2.1.1.
Berolah
raga
2.1.2. Makan yang teratur
2.1.3. Menjaga kebersihan
2.1.4. Menjaga kesehatan
2.1.5.
Kebersihan diri sendiri
2.1.6. Kebersihan lingkungan
|
|
2.2.
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu
|
2.2.1. Berani mencoba hal yang baru
2.2.2. Mengetahui sebab akibat
2.2.3. Mengetahui apa yang terjadi jika
|
||
2.3.
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
2.3.1. Mengembangkan hasil karyanya
2.3.2. Berkreasi menggunakan berbagai media
|
||
2.4.
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
2.4.1. Bergerak sesuai dengan irama musik
2.4.2. Menirukan gerakan sederhana
2.4.3. Berpakaian yang rapi dan sopan
2.4.4. Penataan lingkungan
2.4.5.
Adat
istiadat, budaya
|
||
2.5.
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
|
2.5.1.
Berani bertanya.
2.5.2.
Menyampaikan pendapat.
2.5.3.
Berani
tampil di depan umum
2.5.4.
Mengerjakan
tugas sendiri
2.5.5.
Menunjukkan kebanggaan terhadap hasil kerjanya
2.5.6.
Menceritakan
pengalaman secara sederhana
2.5.7. Dapat menerima kritik
2.5.8. Mengikuti perlombaan / kompetisi
|
||
2.6.
Memiliki perilaku
yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih
kedisiplinan
|
2.6.1. Perilaku
baik / buruk.
2.6.2. Berangkat
sekolah tepat waktu.
2.6.3.
Memakai seragam sekolah.
2.6.4.
Bersikap sportif dalam permainan
2.6.5. Mentaati peraturan / tata tertib yang ada
2.6.6. Mengembalikan
mainan pada tempatnya setelah digunakan
|
||
2.7.
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar
ketika orang lain berbicara) untuk melatih kedisiplinan
|
2.7.1. Saling
hormat menghormati.
2.7.2. Sabar menunggu
giliran
2.7.3. Mendengarkan
temannya berbicara.
2.7.4. Saling
menghargai sesama manusia
2.7.5. Mengendalikan
emosi
|
||
2.8.
Memiliki
perilaku yang mencerminkan kemandirian
|
2.8.1.
Menyelesaikan tugas tanpa bantuan.
2.8.2.
Mengurus
dirinya sendiri
2.8.3.
Tidak
cengeng
|
||
2.9.
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta
bantuannya
|
2.9.1.
Gotong
royong / tolong menolong
2.9.2
Tenggang rasa
2.9.3. Mau meminjamkan miliknya dengan senang hati
2.9.4. Rasa empati pada orang lain
2.9.5
Mau berbagi
dengan teman
|
||
2.10
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap menghargai dan toleran
kepada orang lain
|
2.10.1.
Merapikan
mainan secara bersama sama
2.10.2.
Mau
Bermain dengan teman
2.10.3.
Mau
bekerja sama dengan teman/orang lain
2.10.4.
Dapat
bekerja kelompok
2.10.5.
Toleransi
3.
|
||
2.11.
Memiliki
perilaku yang dapat menyesuaikan diri
|
2.11.1.
Menyesuaikan
diri dengan orang lain
2.11.2.
Tidak
mengganggu teman
2.11.3. Menyesuaikan diri dengan lingkungan
2.11.4. Mudah bergaul/berteman
|
||
2.12. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggung
jawab
|
2.12.1.
Menyelesaikan tugas sampai selesai
2.12.2. Memohon dan memberi maaf
2.12.3. Menyelesaikan pekerjaan tanpa dibantu orang lain
2.12.4. Memiliki rasa tanggung jawab
|
||
2.13.
Memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
2.13.1. Tidak mengambil barang yang bukan miliknya
2.13.2. Mengakui kesalahannya
2.13.3. Mengembalikan milik orang lain
|
||
2.14. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah
diri dan santun kepada orang tua, pendidik dan teman
|
2.14.1.
Mengucapkan
terimakasih bila mendapatkan sesuatu
2.14.2.
Memperhatikan
dan mendengarkan teman, orang tua, dan orang yang lebih tua
2.14.3.
Berbicara
sopan
2.14.4.
Memberi
dan membalas salam
2.14.5.
Saling
memaafkan
|
||
KI-3. Mengenali
diri, keluarga,
teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi,
seni, dan budaya di rumah, tempat
bermain dan satuan PAUDdengan cara: mengamati dengan indra
(melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi;
mengolah informasi/ mengasosiasikan, dan mengkomunikasi-kan melalui kegiatan
bermain
KI-4.
Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui
bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan
perilaku anak berakhlak mulia
|
3.1.
Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
|
3.1.1. Lagu-lagu
keagamaan
3.1.2. Ibadah
3.1.3. Pengenalan
do’a
3.1.4. Surat
surat pendek
3.1.5. Tempat
tempat ibadah
3.1.6. Kitab
suci
3.1.7. Tokoh
tokoh agama
3.1.8. Hari
hari besar agama
|
-. Mengucapkan doa – doa pendek
, melakukan ibadah sesuai dengan
agamanya ( misal : doa sebelum memulai dan selesai kegiatan )
-. Berperilaku sesuai dengan
ajaran yang dianutnya (misal : tidak bohong , tidak berkelahi
-. Menyebutkan hari – hari besar
agama
-. Menceritakan kembali tokoh –
tokoh keagamaan ( misal : nabi – nabi )
.
|
4.1.
Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan
tuntunan orang dewasa
|
4.1.1.
Menyanyi lagu lagu keagamaan
4.1.2.
Beribadah
4.1.3.
Hafalan doa sehari hari
4.1.4.
Hafalan surat surat pendek
4.1.5.
Pengenalan tempat tempat ibadah
4.1.6.
Pengenalan kitab suci
4.1.7.
Pengenalan tokoh agama
4.1.8.
Peringatan hari hari besar agama
|
||
3.2. Mengenal
perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
|
3.2.1. Berterima
kasih
3.2.2. Ucapan
salam
3.2.3. Menghormati
orang yang lebih tua
3.2.4. Menolong
orang yang kesusahan
3.2.5. Memberi
dan meminta maaf
3.2.6. Simpati
terhadap teman yang sakit
3.2.7. Berbuat
baik
|
-. Berperilaku sopan dan peduli
melalui perkataan dan perbuatannya secara spontan Mis: mengucapkan maaf,
permisi, terimakasih.
-. Mau menolong orang tua,
pendidik, dan teman.
|
|
4.2.
Menunjukkan perilaku santun sebagai cerminan akhlak
mulia
|
4.2.1. Mengucapkan
terima kasih
4.2.2. Memberi
dan membalas salam
4.2.3. Bersikap
sopan pada orang tua,orang yang lebih tua
4.2.4. Membantu
teman yang terkena musibah
4.2.5. Mau
memberi dan memohon maaf
4.2.6. Menjenguk
teman yang sakit
4.2.7. Melakukan
perbuatan baik terhadap semua
|
||
3.3. Mengenal
anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan
motorik halus
|
3.3.1. Anggota
tubuh
3.3.2. Panca
indra
3.3.3. Fungsi
atau kegunaan anggota tubuh
3.3.4. Gerakan
jalan, lari, melompat, berjinjit, dst
3.3.5. Senam
3.3.6. Koordinasi
motorik halus
|
-. Melakukan berbagai gerakan terkoordinasi secara seimbang, terkontrol,
dan lincah
-. Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu melakukan gerakan mata , tangan , kaki kepala secara
terkoordinasi dalam menirukan berbagai gerakan yang teratur ( misal : senam
dan tari )
-. Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu melakukan permainan
fisik dengan aturan
-. Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu terampil menggunakan
tangan kanan dan kiri dalam berbagai aktifitas ( misal : mengancingkan baju ,
menali sepatu , menggambar , menempel , menggunting , makan)
|
|
4.3.
Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan
motorik kasar dan halus
|
4.3.1. Menunjukkan
dan ciri ciri anggota tubuh anak/orang lain
4.3.2. Kegunaan
panca indra
4.3.3. Guna
anggota tubuh
4.3.4. Melakukan jalan, lari, melompat, berjinjit, dst
4.3.5. Melakukan
senam
4.3.6. Mengkoordinasikan motorik halus
|
||
3.4. Mengetahui
cara hidup sehat
|
3.4.1. Alat-alat
kebersihan
3.4.2. Mencuci tangan, mandi, menyisir rambut, menggosok
gigi
3.4.3. Membuang sampah pada tempatnya
3.4.4.
Berpakaian
rapi
3.4.5.
Melindungi diri dari
percobaan kekerasan seksual (teriak
dan berlari).
3.4.6.
Makan
yang teratur
3.4.7.
Makan
makanan yang bergizi
3.4.8. Tata
cara buang air kecil dan besar
3.4.9. Istirahat
cukup
|
-. Melakukan kegiatan hidup bersih dan sehat ( misal :
mandi 2 x sehari , memakai baju bersih , membuang sampah pada tempatnya )
-. Mampu melindungi diri dari percobaan kekerasan
termasuk kekerasan seksual dan bullying ( misal : dengan berteriak dan / atau
berlari )
-. Mampu menjaga keamanan diri dari benda – benda
berbahaya ( misal : listrik , pisau , pembasmi serangga )
-. Terbiasa mengkonsumsi makanan dan minuman yang
bersih , sehat , dan bergizi
|
|
4.4. Mampu
menolong diri sendiri untuk hidup sehat
|
4.4.1. Belajar/tata
cara menggunakan alat-alat kebersihan
4.4.2. Belajar
mencuci tangan, mandi, menyisir rambut, mengosok gigi
4.4.3. Kerja
bakti membersihakan kelas dan lingkungan sekolah
4.4.4. Cara
berpakaian yang rapi
4.4.5. Belajar cara melindungi diri dari percobaan kekerasan
seksual (teriak dan berlari).
4.4.6.
Tata
cara makan yang teratur
4.4.7.
Terbiasa mengkonsumsi
makanan yang bersih, sehat dan bergizi.
4.4.8. Praktek
Buang air kecil dan besar
4.4.9. Tata
cara istirahat yang cukup
|
||
3.5. Mengetahui
cara memecahkan masalah sehari-hari dan berperilaku kreatif
|
3.5.1. Konsep
penjumlahan dan pengurangan
3.5.2. Mencari
jejak
3.5.3. Menyusun
puzel
|
-. Mampu memecahkan sendiri masalah sederhana yang dihadapi
-. Menyelesaikan tugas meskipun menghadapi kesulitan
|
|
4.5. Menyelesaikan
masalah sehari-hari secara kreatif
|
4.5.1. Menghitung
hasil penjumlahan dan pengurangan dengan benda
4.5.2. Mengerjakan
maze (mencari jejak) menuju suatu tempat/benda
4.5.3. Menyusun
kembali kepingan puzel menjadi bentuk utuh
|
||
3.6. Mengenal
benda -benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara,
tekstur, fungsi, dan ciri-ciri
lainnya)
|
3.6.1.
Konsep warna primer (merah,kuning biru) dan warna
skunder
3.6.2.
Bentuk: lingkaran, segi
tiga, persegi, persegi pajang, oval, kubus, kerucut, tabung
3.6.3.
Ukuran: besar-kecil,
panjang, pendek, berat-ringan, lama-sebentar, sekarang-kemarin-besok.
3.6.4.
Pola: pola satu indikator
AB-AB, ABC-ABC. Pola dua indikator AB-AB, ABC,ABC
3.6.5.
Sifat: cair-padat-gas
3.6.6.
Suara: sumber suara, jenis
suara, cepat-lambat suara, keras-lunak, tinggi-rendah, dll
3.6.7.
Konsep dan lambang bilangan
|
-. Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan
mengelompokkan berbagai benda di lingkungannya berdasarkan ukuran , pola ,
fungsi, sifat, suara, tekstur, dan ciri – ciri lainnya
-. Melakukan kegiatan yang
menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan menghubungkan satu benda dengan
benda yang lain
-. Melakukan kegiatan yang
menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan menghubungkan nama benda dengan
tulisan sederhana melalui berbagai aktifitas ( misal : menjodohkan, menjiplak
, meniru )
-. Melkukan kegiatan yang
menunjukkan anak mampu mengenal benda berdasarkan lima seriasi atau lebih ,
bentuk , ukuran , warna , atau jumlah melalui kegiatan mengurutkan benda
-. Melakukan kegiatan yang
menunjukkan anak mampu mengenal konsep besar – kecil , banyak – sedikit,
panjang – pendek, berat – ringan, tinggi – rendah dengan mengukur menggunakan
alat ukur tidak baku
|
|
4.6. Menyampaikan
tentang apa dan bagaimana benda-benda disekitar yang dikenalnya (nama, warna,
bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur,
fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
|
4.6.1. Pencampuran
macam - macam warna
4.6.2. Pengelompokkan
benda berdasarkan bentuk geometri
4.6.3. Perbedaan
benda berdasarkan kasar-halus,panjang pendek,besar-kecil dll
4.6.4. Penyusunan
pola secara berurutan dan benar
4.6.5. Pengenalan
sifat-sifat dari benda
(cair,padat,gas)
4.6.6. Pengenalan
bunyi atau suara-suara tertentu
4.6.7. Pengenalan konsep dan lambang bilangan
|
||
3.7. Mengenal
lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi)
|
3.7.1.
Nama / identitas anak
3.7.2.
Anggota keluarga
3.7.3.
Tempat ibadah
3.7.4.
Alat transportasi
3.7.5.
Budaya sekitar lingkungan anak
3.7.6.
Cerita
3.7.7.
Gerak dan lagu
4.
|
-. Menyebutkan nama anggota keluarga dan teman serta ciri – ciri khusus
mereka secara lebih rinci ( warna kulit , warna rambut , jenis rambut dll )
-. Menjelaskan lingkungan sekitarnya secara sederhana
-. Menyebutkan arah ke tempat yang sering dikunjungi dan alat
transportasi yang digunakan
-. Menyebutkan peran – peran dan pekerjaan termasuk didalamnya
perlengkapan / astribut dan tugas – tugas yang dilakukan dalam pekerjaan
tersebut
-. Membuat dan mengikuti aturan.
|
|
4.7. Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,
budaya, transportasi)
|
4.7.1. Pengenalan
identitas anak
4.7.2. Pengenalan
anggota keluarga.
4.7.3. Pengenalan
tempat-tempat ibadah
4.7.4. Macam-macam
kendaraan (laut, darat, udara)
4.7.5. Menari
sesuai irama musik
4.7.6. Bercerita
4.7.7. Praktek
gerak lagu
5.
|
||
3.8. Mengenal
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
3.8.1.
Macam -macam tanaman
3.8.2.
Binatang yang hidup di air, udara & darat
3.8.3.
Binatang piaraan
3.8.4.
Cuaca: siang, malam, panas, hujan
3.8.5. Daerah
pedesaan, perkotaan, pegunungan pesisir dll
3.8.6. Bertanya
dengan kata “apa”, “siapa”, “dimana’, ”bagaimana”, “mengapa”.
3.8.7. Perkembangbiakan makluk hidup
3.8.8. Proses
kerja sesuai prosedur ilmiah. Misal: membuat teh dimulai dari menyediakan air
panas, teh,gula, dan gelas.
|
-. Menceritakan peristiwa alam dengan melakukan percobaan sederhana
-. Mengungkapkan hasil karya yang dibuatnya secara lengkap yang
berhubungan dengan benda -benda yang ada dilingkungan alam
-. Menceritakan perkembangbiakan makluk
hidup
|
|
4.8. Menyajikan
berbagai karyanya dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, gerak tubuh, dll
tentang lingkungan alam (hewan,
tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
|
4.8.1. Memelihara tanaman
4.8.2. Gerakan
binatang,bercerita tentang binatang,
4.8.3. Pemeliharaan
binatang piaraan.
4.8.4. Proses
terjadinya gejala alam
4.8.5. Belajar
suasana pedesaan, perkotaan, pegunungan
4.8.6. Menggunakan kata “apa”, “siapa”, “dimana’, ”bagaimana”,
“mengapa”.
4.8.7. Perkembangbiakan
makluk hidup
4.8.8. Praktek
kerja sesuai prosedur ilmiah. Misal: membuat teh dimulai dari menyediakan air
panas, teh,gula, dan gelas.
5.
|
||
3.9. Mengenal
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
|
3.9.1. Alat-
alat rumah tangga.
3.9.2. Alat
untuk bekerja (alat tukang kayu,alat dokter,alat polisi dll)
3.9.3. Alat-alat
permainan di sekolah
3.9.4. Alat-alat
untuk sekolah
3.9.5. Alat-alat
tehnologi sederhana (baling-baling, pesawat- pesawatan,kereta api- kereta
apian,mobil-mobilan, telepon-teleponan
dengan benang dll).
|
-. Melakukan
kegiatan dengan menggunakan alat tehnologi sederhana sesuai fungsinya secara
aman dan bertanggung jawab
-. Membuat
alat – alat tehnologi sederhana ( misal : baling – baling , pesawat –
pesawatan , kereta – kereta apian , mobil – mobilan , telepon – teleponan
dengan benang dll )
-. Melakukan proses kerja sesuai dengan
prosedurnya ( mmisal : membuat teh dimulai dari menyediakan air panas , teh ,
gula , dan gelas )
|
|
4.9. Menggunakan
teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll) untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
|
4.9.1. Pengenalan peralatan
rumah tangga
4.9.2. Bermain
peran sebagai tukang kayu,dokter,polisi dll
4.9.3. Mengembalikan
alat-alat permainan setelah digunakan di sekolah
4.9.4. Mengelompokkan
alat-alat untuk sekolah
4.9.5. Membuat
alat-alat tehnologi sederhana (baling-baling, pesawat- pesawatan,kereta api-
kereta apian,mobil-mobilan,
telepon-teleponan dengan benang dll).
5.
|
||
3.10. Memahami
bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
3.10.1.
Percakapan
3.10.2.
Menirukan 3-4 urutan kata
3.10.3.
Menceritakan isi buku walaupun tidak
sama tulisan dengan yang diungkapkan
3.10.4. Suku
kata awal sama/suku kata akhir sama
3.10.5. Identitas
diri dengan lengkap (nama lengkap,nama panggilan,alamat dll)
|
-. Menceritakan kembali apa yang
didengar dengan kosa kata yang lebih
-. Melaksanakan perintah yang
lebih kompleks sesuai dengan aturan yang disampaikan ( misal : aturan untuk
melakukan kegiatan memasak ikan )
|
|
4.10. Menunjukkan
kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
4.10.1. Percakapan dua arah atau lebih
4.10.2. Menyusun
3-4 urutan kata dengan benar
4.10.3. Membaca
buku cerita sederhana
4.10.4. Belajar
tentang suku kata awal sama/suku kata akhir sama
4.10.5 Pengenala
nama sendiri dengan lengkap
5.
|
||
3.11. Memahami
bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
|
3.11.1. Ekpresi
wajah ( senang, marah, sedih )
3.11.2. Pantomim
3.11.3. Lagu
anak-anak
3.11.4. Syair
3.11.5. Tanya
jawab tentang keterangan /informasi
3.11.6. Mengulang
kalimat yang sudah didengar
3.11.7. Macam
bunyi/suara (teriakan,tertawa,menangis,pintu dibuka dll)
|
-. Mengungkapkan keinginan , perasaan , dan
pendapat , dengan kalimat sederhana dalam berkomunikasi dengan anak atau
orang dewasa
-. Menunjukkan perilaku senang membaca buku
terhadap buku – buku yang dikenali
-.
Mengungkapkan perasaan , ide dengan pilihan kata yang sesuai ketika
berkomunikasi
-.
Menceritakan kembali isi cerita secara sederhana
|
|
4.11. Menunjukkan
kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non
verbal)
|
4.11.1. Pengenalan
berbagai ekspresi (senang,marah,sedih
dll)
4.11.2. Berpantomim
4.11.3. Mengekspresikakan
berbagai gerakan sesuai irama lagu
4.11.4. Membuat
sajak sederhana
4.11.5. Bercerita
tentang pengalaman anak
4.11.6. Melengkapi
kalimat yang sudah dimulai guru
4.11.7. Menirukan
berbagai bunyi yang didengar (teriakan,menangis,tertawa dl)
5.
|
||
3.12. Mengenal
keaksaraan awal melalui bermain
|
3.12.1. Huruf
vokal dan konsonan
3.12.2. Huruf
awal sama
3.12.3. Gambar
cerita
3.12.4. Menggerakkan
jari-jari tangan
|
-.
Menunjukkan bentuk – bentuk ( pra menulis )
-. Membuat
gamabr dengan beberapa coretan / tulisan yang sudah berbentuk huruf / kata
-. Menulis
huruf – huruf dari namanya sendiri
-.
Menyebutkan angka bila diperlihatkan lambang
bilangannya
-.
Menyebutkan jumlah benda dengan cara menghitung
|
|
4.12. Menunjukkan
kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
4.12.1. Pengenalan huruf- huruf dari namanya sendiri
4.12.2. Pengenalan kata- kata yang mempunyai huruf awal sama
4.12.3. Menghubungkan
tulisan sederhana dengan simbol yang
melambangkannya ( tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkannya)
4.12.4. Membuat
garis tegak,datar, zig-zag, lengkung dll
5.
|
||
3.13 Mengenal emosi diri dan orang lain
|
3.13.1. Mengendalikan
emosi
3.13.2. Orang-orang
yang ada disekitar
3.13.3. Berani
sendiri
3.13.4. Mau
bermain dengan teman
3.13.5. Dapat
bekerja kelompok dengan teman
4.
|
-. Beradaptasi secara wajar dalam situasi baru
-. Mempertahankan hak-haknya untuk melindungi
diri
|
|
4.13.Menunjukkan
reaksi emosi diri secara wajar
|
4.13.1. Bisa mengendalikan
emosi
4.13.2. Beradaptasi
dengan orang yang ada disekitarnya
4.13.3. Keberanian
dalam melakukan aktifitas
4.13.4. Mempunyai
sahabat
4.13.5. Kerja
kelompok
|
||
3.14. Mengenali
kebutuhan, keinginan, dan minat diri
|
3.14.1. Bermain
bebas
3.14.2. Hoby
3.14.3. Makanan
ku
3.14.4. Kegiatan
4.
|
-. Memilih satu macam dari 3 atau lebih
pilihan yang tersedia
-. Memilih kegiatan / benda yang paling sesuai dengan yang dibutuhkan dari
berbagai pilihan yang ada
|
|
4.14. Mengungkapkan
kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
4.14.1. Aktifitas
yang diinginkannya
4.14.2. Kesenanganku
/ kegemaranku
4.14.3. Makanan
kesukaanku
4.14.4. Memilih
satu macam dari 3 atau lebih pilihan yang tersedia.
5.
|
||
3.15.Mengenal
berbagai karya dan aktivitas seni
|
3.15.1. Senandung
bunyi-bunyian yang menyenangkan
3.15.2. Merasa
tertarik pada benda-benda yang berbunyi/berwarna
3.15.3. Senang
mengikuti irama musik
3.15.4. Tertarik
pada aktifitas seni
|
-. Membuat karya sen sesuai kreatifitasnya (
misal : seni musik , visual , gerak dan tari yang dihasilkannya dan
dihasilkan orang lain )
-.
Menghargai penampilan karya seni orang lain ( misal “ dengan bertepok tangan dan
memuji )
|
|
4.15.Menunjukkan
karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
4.15.1. Bersenandung
sesuai syair lagu
4.15.2. Perbedaan
bunyi,warna pada benda-benda disekitar
anak
4.15.3. Gerakan
senam,tari sesuai irama musik
4.15.4. Kegiatan
melukis,mewarnai gambar,mencipta bentuk dll
|
Mengetahui,
Kepala TK Guru Kelas
SUPIYAH,SHI MILAWATI,S.Pd
No comments:
Post a Comment